Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 27 Januari 2017

Cicada 3301 Kelompok Rahasia di Internet

Welcome..

Kali ini saya akan kembali membahas sisi gelap internet

Request dari seorang teman yang ingin mengetahui Kelompok-kelompok rahasia di Internet.
dan saya pun tertarik untuk membahasnya di Blog saya.

Cicada 3301

Mungkin nama ini terdengar cukup asing bagi kalian. apa itu ? apakah sebuah kelompok sparatisme?
mari kita bahas secara singkat dan jelas.


Cicada 3301 adalah sekelompok hacker dan kriptografer misterius yang sering membuat teka-teki puzzle dan menyebarkannya diinternet. menurut beberapa sumber, teka-teki tersebut sangat sulit untuk dipecahkan.

biasanya kelompok ini menyebarkan teka-teki gambar yang didalamnya bisa saja berisi pesan rahasia yang perlu dilihat dengan teliti. ada yang harus di perbesar 800x, bahkan sampai ada yang harus menggunakan program sejenis steganography untuk memecahkannya.

uniknya kelompok ini hanya membuat teka-teki ini setiap tahun sekali, yaitu pada bulan januari dan selalu di bulan januari.

sejak pertama kali dipublish, teka-teki ini sangat menantang para detektif amatir di internet untuk memecahkannya.

mengapa mereka manamakan diri mereka "Cicada 3301"? menurut sumber situs Independent, ada sebuah petunjuk yang tersemat pada 'cicada' dan angka '3301', angka '3301' merupakan bilangan prima seperti halnya 1033 dan 'cicada' merupakan serangga Tenggoret (ngengat) yang memiliki siklus hidup unik 13 dan 17 tahun, dan angka tersebut juga merupakan bilangan prima.
sementara, bilangan prima sangatlah penting didalam Kriptografi.

Apasih tujuan mereka?



Pesan yang ditinggalkan oleh mereka adalah "hello. we are looking for highly intelligent individuals. To find them, we have devised a test". yang artinya "kami mencari individu yang sangat cerdas. untuk menemukan mereka, kami telah menyusun sebuah tes".

sudah jelas mereka adalah kelompok yang ingin merekrut orang-orang dengan intelegen yang tinggi, entah untuk apa mereka merekrut orang tersebut nantinya.

namun hingga sejauh ini, tidak ada yang bisa menebak asal-usul dan tujuan pasti mereka, banyak yang beranggapan mereka hanyalah sekelompok orang-orang jahil, dan banyak juga yang beranggapan mereka adalah CIA,NSA atau MI6 yang ingin merekrut orang-orang genius tersebut.

Apakah anda merasa tertantang untuk memecahkan teka-teki mereka?
tenang yang hanya kalian perlukan hanyalah program-program sejenis steganography, keahlian dalam Kriptograpi dan juga tentunya ketelitian tingkat tinggi. hehe

lanjut, ternyata pada 5 Januari 2012 sebuah gambar diupload random di situs 4chan yang berisi riddle dari Annonymous. dan tentunya ada hadiah bagi siapapun yang berhasil memecahkannya.

aktivitas Cicada 3301 ini bahkan sudah menjadi perhatian global, entah apakah pemahaman dari setiap orang yang mengetahui keberaadan mereka berbeda satu sama lain.
ada yang beranggapan mereka hanya sekelompok yang tidak bertanggung jawab dengan mengotori tembok-tembok jalanan dengan poster 'Khas' mereka, namun ada juga yang beranggapan lain.

Sesaat sebelum pukul 23.00 pada 5 januari 2014, sebuah akun twitter yang sebelumnya digunakan oleh akun Cicada merilis sebuah pesan.

akun yang menggunakan gambar samar Cicada merilis "Hello, Epiphany diatasmu. Ziarahmu telah dimulai. Pencerahan menunggu. Semoga berhasil. 3301."


Perdebatan bermunculan mengenai pesan ini, para detektif amatiran mulai memecahkan dan banyak hal yang ditemukan mengenai pesan ini.

diantaranya, diketahui bahwa kata "Epiphany" merujuk pada hari Epipany yang ada pada ajaran Kristen dan jatuh pada 6 Januari.
namun tidak ada yang tahu pasti apa pesan tersembunyi dibalik semua itu.

Apapun kegiatan Cicada 3301 ini, mungkin terdapat sisi positif dan negatif yang bisa disimpulkan.

menurut penulis, sisi positifnya adalah, banyak orang yang tertarik untuk memecahkan teka-teki mereka dengan banyak belajar mengenai Kriptogafi, dan juga tentunya memperdalam keahlian mereka pada steganography.

dan sisi negatifnya adalah hal-hal yang mereka lakukan dapat membuat permasalahan baru didunia yang semua serba Logis ini, seperti mungkin kebanyakan orang akan beranggapan meraka adalah sekelempok orang yang sedang merekrut orang lain untuk mengikuti ajaran dan kepercayaan mereka.
hal ini mereka tuang melalu teka-teki buatan mereka yang berisi pesan-pesan tersembunyi.

Namun apapun itu, semua kembali ke diri kita masing-masing, kita diberi otak untuk berfikir mana yang Logis dan Tidak Logis.

cukup pembahasan dari penulis mengenai Cicada 3301

"We never know, that's the truth."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar